Kembali Anda sedang membaca: Cara Agen Marketing Outsource Meningkatkan Penghasilan Anda

Cara Agen Marketing Outsource Meningkatkan Penghasilan Anda

header marketing outsourcing

Marketing adalah penopang bisnis yang handal, namun terkadang ia tidak mendapatkan penghargaan yang sebanding dengan departemen sales. Tanggung jawab untuk mempertahankan brand image, mendengarkan pelanggan, dan menghubungi mereka dengan pesan brand yang tepat adalah pekerjaan yang sungguh berat. Ini mengapa adanya banyak perusahaan yang mengalihdayakan tugas marketing kepada agen marketing outsource seperti Juicebox Management.

Bagaimana mungkin Anda bisa mendelegasikan tugas mempengaruhi image sebuah perusahaan kepada pihak ketiga? Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana agen marketing outsource dapat berhasil meningkatkan pendapatan bisnis Anda serta brand image-nya.

Tugas-tugas pemasar yang dapat dibantu oleh agen marketing outsource

Agen marketing outsource berpotensi untuk mempercepat tugas-tugas marketing yang bisa dilakukan secara otomatis, sistematis, dan menggunakan teknologi. Dengan kecepatan kerja sebuah agen marketing outsource, tim marketing internal Anda dapat lebih fokus terhadap bentuk marketing yang lain, seperti event marketing, perencanaan dan pengawasan.

1. Mendefinisikan Target Pasar

Ketika sebuah bisnis sudah berjalan dengan lama, target pasar mungkin sudah didefinisikan dengan jelas, dan pemasar merasa tidak perlu untuk merubahnya terlalu sering.

Padahal, pasar adalah sesuatu yang hidup, dinamis, dan suka berubah pendapat terutama di era digital ini. Hal sederhana seperti peredaran informasi viral yang mengejutkan bisa saja merubah semua rencana pemasaran. Pengamatan pasar secara tradisional (seperti mewawancarai sampel acak) sudah tidak lagi efektif.

Untungnya, agen marketing dapat menggunakan teknologi media digital dengan efektif. Dengan mempergunakan alat-alat yang dapat membaca big data, pemasar digital dapat membuat kesimpulan yang benar berdasarkan perilaku konsumen di dunia maya.

Tim marketing internal Anda juga dapat menggunakan alat-alat gratis seperti Google Trends, Ubersuggest dan Social Mention untuk melihat pola pikir para konsumen. Jika Anda melihat bahwa alat-alat tersebut sudah manjur, bayangkan jika Anda menggunakan alat-alat canggih premium dan dibantu oleh seorang ahli digital marketing. Pelajari lebih lanjut tentang perilaku konsumen online.

2. Menemukan Channel Yang Tepat

Apakah Anda sudah menemukan semua cara agar bisnis dan pelanggan Anda dipertemukan? Apakah Anda hanya mengandalkan staf perwakilan saja? Menemukan semua channel yang tepat hanya sebagian dari tantangan pemasaran. Adapun juga tantangan untuk mempergunakan channel-channel seefektif mungkin.

Beberapa perusahaan tidak bermasalah untuk mencari channel yang tepat. Bagi merek-merek yang dikonsumsi secara massal, media massal memang pilihan yang baik. Media tradisional ini sudah lama berdiri dan dapat diakses oleh kalangan besar masyarakat.

Tentunya media masal bukan solusi jika Anda ingin menargetkan pasar yang lebih sempit. Ironisnya, tugas pemasar akan semakin menantang ketika ingin menarik perhatian sedikit orang saja yang berpotensi membeli produk untuk pasar khusus. Bagaimana caranya menjangkau pasar yang tidak sering melakukan pembelian, tetapi ketika tertarik, akan menghasilkan banyak pendapatan sekaligus?

Merek Anda harus tampil di tempat-tempat yang strategis. Jika memiliki ratusan kantor perwakilan bukanlah pilihan yang tepat, maka memiliki setidaknya satu website sudah cukup. Dengan website yang indah, fungsional, dan terpenuhi dengan konten yang berkualitas, Anda bahkan dapat menarik perhatian pembeli yang sukar ditemukan.

Website, halaman media sosial dan iklan online adalah beberapa cara untuk mencapai pasar yang tersembunyi. Pelajari lebih lanjut tentang channel digital marketing

3. Menyajikan Pesan Yang Tepat Kepada Target Pasar

Jika seorang awam ditanya untuk menyebutkan ciri-ciri seorang pemasar, mungkin jawabannya adalah seseorang yang gemar melakukan promosi gencar-gencaran. Kiranya ini gambaran yang tepat tentang seorang pemasar pada masa lalu. Namun pemasar yang kekinian berbeda, bisa dikatakan berpikir seperti seorang pilot pesawat komersial:

  • Mereka mempunyai tujuan yang spesifik – pemasar juga memiliki target pasar atau pemirsa yang spesifik.
  • Mereka merencanakan rute dan memilih kendaraan yang tepat – pemasar juga menggunakan saluran dan media yang berlaku untuk strategi pemasarannya.
  • Mereka ditugaskan untuk membawa hanya penumpang yang layak untuk mencapai destinasi – pemasar pun juga melakukan seleksi ketat pesan-pesan yang akan dikirimkan kepada target pasar.

Bahkan dengan teknologi luar biasa untuk mengirimkan konten, banyak pemasar menyalahgunakan website dan media sosial sebagai cara untuk menyebarkan konten promosi. Untuk membuat pesan yang meyakinkan, pemasar perlu tahu dengan siapa mereka berbicara.

Para pemasar modern memperlakukan alat pemasaran mereka seperti cara pilot jet komersial memperlakukan pesawat mereka – dengan rasa hormat dan kebijaksanaan yang terampil. Platform media sosial dan mesin pencari juga akan menghukum penyalahgunaan alat pemasaran. Agen pemasaran digital mengikuti prinsip white-hat dengan cermat, untuk menghindari penalti dari mesin pencari dan platform media sosial.

Mencari pilot pemasaran untuk perusahaan Anda memang tidak mudah, tetapi Anda memiliki opsi untuk melakukan outsourcing layanan pemasaran. Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jasa digital marketing yang dapat dilakukan Juicebox Management untuk Anda.

Lihat