Tampaknya selalu ada saja konsep baru dalam dunia pemasaran, dan pendekatan pemasaran 360 derajat (atau yang dikenal sebagai 360 Marketing atau 360 Degree Marketing) adalah salah satu strategi yang merupakan evolusi strategi pemasaran sebelumnya, seperti pemasaran multi-saluran (multi-channel marketing).

Apa yang berbeda kali ini? Apakah 360 Marketing (atau bahkan 360 Digital Marketing) sejalan dengan tujuan inti dari setiap strategi pemasaran?

Singkatnya, apa itu pendekatan “360 degree marketing”?

Sama seperti pemasaran multi-saluran, tujuan 360 Marketing adalah untuk menampilkan merek seolah-olah ia berada di mana-mana dalam dunia target pelanggan.

Satu-satunya perbedaan antara mereka adalah bahwa pemasaran multi-saluran tidak mengharuskan semua saluran untuk membuat pengalaman pelanggan yang konsisten. Tidak hanya semata menyebarkan pesan melalui cara yang beragam, 360 Marketing juga menawarkan pengalaman pelanggan yang konsisten dalam setiap metode komunikasi.

Pendekatan 360 Marketing identik dengan pemasaran omnichannel, namun kami tidak akan menggunakan istilah ini demi menyederhanakan konsep yang ingin kami sampaikan.

Manfaat 360 Marketing

Sebuah perusahaan dapat memilih untuk memusatkan usahanya pada, contohnya, kampanye iklan TV, menghasilkan beberapa iklan yang sangat berkesan dan tidak mudah terlupakan, namun tidak muncul di tempat lain, seperti di papan reklame atau iklan transit.

Sedangkan, ada perusahaan yang lain yang memilih untuk meratakan anggaran pada berbagai macam saluran, seperti iklan koran, majalah, papan reklame, website, media sosial, blogger pihak ketiga, dst. Ia juga akan lebih berupaya pada salah satu satu media iklan untuk mengalahkan pesaing.

Perusahaan pertama bisa menciptakan keramaian (buzz) yang mungkin bisa bertahan sepanjang siklus hidup kampanye. Namun ini merupakan pilihan yang berisiko bagi kebanyakan bisnis. Perusahaan kedua mungkin akan bersaing dengan banyak pesaing dengan menggunakan pendekatan yang serupa, tapi bahkan jika kampanye terbukti gagal total, perusahaan setidaknya dapat membawa pulang sesuatu yang berharga, yaitu data pemasaran.

360 Marketing menurunkan risiko kegagalan kampanye dan mendapatkan gambaran umum yang lebih komprehensif tentang data pemasaran.

Apa yang membedakan 360 Digital Marketing dari pemasaran biasa?

Pendekatan pemasaran digital 360 derajat tampaknya memiliki subkategori khusus tersendiri karena keahlian digital dalam bidang pemasaran sangat mendalam. Perbedaan antara 360 Marketing dan 360 Digital Marketing berada pada tingkat kelimpahan data yang bisa diperoleh dengan cepat, dan bisa juga diolah dengan berbagai macam teknologi data analitik masa kini.

Otomatisasi pengumpulan, analisis, dan respons data berdasarkan algoritma dalam pemasaran digital memungkinkan Anda untuk menyatukan atau menghubungkan berbagai saluran pemasaran. Ini memungkinkan merek Anda muncul di depan pelanggan Anda dalam dunia digitalnya.

Misalkan Anda memiliki toko e-commerce, dan tujuan akhir Anda tentu saja untuk meningkatkan penjualan. Dari alat analisis website, Anda melihat bahwa sebagian besar lalu lintas berasal dari penelusuran (search engine), tetapi sebagian besar konversi berasal dari pengunjung yang datang melalui pencarian situs langsung (direct search) dan media sosial

Ini menandakan bahwa sudah ada kesadaran merek yang cukup tinggi karena Anda dapat menarik pengunjung ke blog dalam situs Anda. Artinya, kinerja SEO Anda cukup hebat. Untuk meningkatkan konversi dari lalu lintas ini, coba bawa pengunjung kembali ke situs web Anda melalui pemasaran email dan membuat iklan media sosial yang dapat membawa lebih banyak pengunjung ke arah situs.

Dari sudut pandang media sosial, Anda juga dapat meningkatkan jumlah pengikut (followers) Anda dengan mempromosikan konten terbaik dan/atau membuat iklan baru yang mengarahkan pemirsa ke halaman media sosial Anda atau langsung ke situs web.

Siapkan sistem sehingga pengunjung yang meninggalkan keranjang setelah beberapa hari diingatkan melalui email atau kampanye pemasaran ulang (remarketing campaign) dengan iklan bergambar atau iklan media sosial.

 

Setiap saluran terhubung

Pemasaran saat ini melibatkan lebih dari sekedar penyebaran iklan melalui berbagai saluran. Saluran pemasaran digital terhubung satu sama lain seperti yang diilustrasikan dari contoh di atas. Data adalah bagian paling dasar untuk membuat pilihan yang strategis, memberikan Anda peluang lebih besar untuk mencapai tujuan bisnis.

Tingkatkan pemasaran Anda dengan Island Media Management.

Related Post

Post on December 18, 2020
Pada tahun 2020, tidak diragukan bahwa membuat website yang ramah perangkat seluler (mobile-friendly) sangatlah penting,...
Post on December 11, 2020
When social media platforms were invented around a decade ago, there weren’t many competitors, and...
Post on November 13, 2020
Anda mungkin telah meluncurkan website Anda yang baru. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat...