Pada tahun 2020, tidak diragukan bahwa membuat website yang ramah perangkat seluler (mobile-friendly) sangatlah penting, karena lalu lintas mobile menempati 53,3% dari total lalu lintas internet pada tahun 2019 saja, menurut BroadBand Search.

Kebutuhan akan situs web yang ramah mobile diperkuat oleh fakta bahwa banyak situs web memperoleh lalu lintas mereka dari platform media sosial, yang semakin berorientasi pada pengguna perangkat seluler.

Menurut Review42 Web Design Statistics, desain web berkontribusi besar pada persepsi kredibilitas perusahaan, sebanyak 75%. Sementara itu, 57% konsumen tidak akan merekomendasikan bisnis yang tidak memiliki situs web yang sesuai untuk perangkat seluler.

Agensi pengembangan web modern seperti kami telah berhasil membangun dan meluncurkan situs-situs mobile-friendly bebas eror dan sangat responsif terhadap sebagian besar perangkat, seperti ponsel, tablet, dan desktop. Jadi apa rahasia kami?

Desain Mobile-First adalah rahasia kami untuk membangun website terkini

Permintaan baru untuk website yang mobile-friendly memerlukan pendekatan baru dan modern, yakni mobile-first web design. Filosofi dasar di balik pendekatan ini adalah kami mengembangkan website untuk mengakomodasi keterbatasan tampilan perangkat seluler, dan kemudian menyesuaikan desain tersebut untuk ukuran layar yang lebih besar.

Ini adalah pendekatan yang berbalik arah dari prosedur pembuatan website. Sebelum penggunaan Internet pada ukuran layar yang lebih kecil menjadi populer, desain web membuat situs agar terlihat rapi pada perangkat desktop, dengan lebar layar minimum sekitar 1000 piksel.

Mengantisipasi pengguna yang terkadang menggunakan perangkat seluler untuk mengunjungi situs web, developer kemudian mencoba untuk menyesuaikan konten yang ada dengan pas, kepada lebar layar yang berukuran di bawah sekitar 700 piksel. Ini dilakukan, misalnya, dengan menyesuaikan konten ke dalam satu kolom, memperbesar tombol, dan membuat tautan teks lebih lebar.

Pendekatan ini mungkin akan berhasil untuk beberapa situs, tetapi ada keuntungan yang ditawarkan oleh pendekatan pengembangan website secara mobile-first:

1. Kami tidak terhalang oleh bias desain untuk desktop saat mengembangkan dengan perangkat desktop

Sebagian besar pengembang web menulis kode dengan perangkat desktop. Akibat dari ukuran layar desktop yang besar adalah pengembang web mungkin secara tidak sadar akan merancang website untuk ukuran layar yang besar. Namun jika pendekatan mobile-first digunakan, bias tersebut dapat dihilangkan.

2. Kami menjadi lebih berempati kepada pengguna perangkat seluler

Saat kami merancang website terlebih dahulu untuk ukuran layar yang lebih kecil, kami terpakas untuk memikirkan tentang bagaimana para pengguna akan melihat konten dan berinteraksi dengan website pada perangkat seluler.

Misalnya, panjang paragraf dapat dipersingkat sehingga setiap paragraf tidak mengambil terlalu banyak ruang vertikal karena setiap baris akan berisi lebih sedikit jumlah kata. Tombol diperbesar dan diberikan jarak karena pengguna memiliki akurasi yang lebih rendah dengan ketukan jari dibandingkan dengan menggunakan mouse pada komputer desktop.

Area formulir akan tampak lebih besar dan lebih mudah diisi saat pengguna menarik keyboard seluler pada bagian bawah layar. Kami memanfaatkan kecenderungan pengguna untuk menggeser agar mudah menavigasi konten yang berbagi tema yang sama (gambar, slideshow produk, postingan, dll.).

Mendesain dengan empati

Jangan biarkan desain yang buruk menghalangi para pengguna untuk mengenal bisnis Anda lebih baik. Di Island Media Management, desain visual yang baik dipadukan dengan kinerja yang baik. Kami tidak hanya fokus pada membuat website yang terlihat menarik secara visual, tetapi juga membuatnya mudah digunakan dan responsif, terutama pada perangkat seluler.

Mari membuat pelanggan Anda terkesan.

About the author

Gio

Gio

Gio is a creative writer with a technical background in food science. His strong research skills and a keen sense of communication style blend well to craft compelling content. His personal blog covers topics about lifestyle, food, and finance. 

Related Post

Post on December 25, 2020
Visual brand guideline adalah istilah bahasa Inggris yang artinya Pedoman Visual Merek. Pedoman branding ini...
Post on December 4, 2020
Tampaknya selalu ada saja konsep baru dalam dunia pemasaran, dan pendekatan pemasaran 360 derajat (atau...
Post on November 20, 2020
Artikel ini bercerita tentang agency design kami yang berada di Bali. Kami akan memulai cerita...