Apakah menulis blog dapat meningkatkan peringkat SEO?

Maret 29, 2021

Digital MarketingSEO
Writing a blog for SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah istilah yang terdengar teknis, dan mungkin tampak seperti strategi pemasaran yang rumit.

Beberapa aspek SEO akan membutuhkan pemahaman tentang cara kerja website dan mesin pencari. Namun, dengan memiliki website yang dirancang dengan baik sejak awal, pekerjaan untuk meningkatkan peringkat pencarian akan menjadi jauh lebih mudah.

Asalkan arsitektur website Anda ramah untuk search engine, langkah selanjutnya adalah menambahkan lebih banyak halaman konten ke dalam website Anda. Ini sering kali berarti Anda harus menulis artikel blog untuk website Anda.

Bagaimana blog dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari?

Blog meningkatkan peluang website Anda untuk ditemukan oleh search engine. Blog memberikan informasi tambahan yang tidak tercakup oleh beranda, halaman produk, dan halaman lainnya.

Karena mesin pencari dirancang untuk membantu pengguna menemukan informasi, semakin banyak informasi yang Anda posting ke blog Anda, semakin besar kemungkinan salah satu posting Anda akan ditampilkan sebagai halaman web yang relevan di hasil pencarian.

Dengan kata lain, blog bertindak seperti jaring yang menangkap lalu lintas pencarian. Ini adalah strategi yang ampuh untuk mengarahkan lalu lintas ke website Anda, dan berpotensi untuk mendorong sasaran bisnis.

Apa itu keyword research dan bagaimana hubungannya dengan blog?

Membuat blog secara efektif adalah menyampaikan informasi yang cenderung dicari oleh pencari, tetapi tidak tercakup oleh banyak website. Keyword research adalah salah satu cara untuk membantu Anda menemukan topik yang tepat untuk ditulis, meskipun ini bukan satu-satunya cara.

Kata kunci adalah frasa dan istilah yang digunakan oleh orang-orang saat mereka menggunakan mesin pencari. Banyak alat keyword research mengklaim dapat mengetahui jumlah pasti dari kata kunci tertentu yang digunakan pada bulan tertentu, dan alat tersebut memiliki sistemnya sendiri untuk mengukur 'daya saing' kata kunci.

Misalnya, kata kunci "sepatu untuk dijual" adalah kata kunci kompetitif, yang menghasilkan daftar panjang tautan ke pasar seperti Amazon dan ke website merek terkenal. Kata kunci dianggap kompetitif karena situs otoritas tinggi akan memberi peringkat untuk kata kunci ini. Selain itu, ada 2.410.000.000 halaman web yang dianggap Google relevan dengan kata kunci ini di tahun 2021.

Jika situs Anda baru, tidak disarankan untuk menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif sebagai topik pemula untuk blog Anda. Sebaliknya, coba temukan kata kunci yang persaingan dan ceruk rendah. Jika, misalnya, Anda menjual sepatu buatan tangan di Bali, tidak masuk akal untuk menargetkan "sepatu untuk dijual". Sebagai gantinya, Anda harus menulis posting blog tentang “Sepatu buatan tangan Bali untuk wanita” (2.340.000 halaman web pada tahun 2021).

Bagaimana menemukan ide topik yang bagus untuk menulis blog tanpa alat penelitian kata kunci?

Alat penelitian kata kunci adalah layanan berbayar, dan tidak banyak orang yang memiliki akses ke sana. Namun, tidak terlalu sulit untuk menghasilkan ide konten tanpa alat penelitian kata kunci.

Google sering memberikan petunjuk tentang apa yang dicari orang. Google Suggestions dan People Juga Search adalah dua fitur yang akan dimasukkan Google dalam hasil pencarian. Ini bisa dijadikan inspirasi untuk konten blog Anda.

Selanjutnya, cari topik menarik di forum seperti Quora, Reddit, dan beberapa yang lain di industri Anda. Sebutan media sosial, seperti hashtag Twitter yang sedang tren, dapat memberi Anda petunjuk tentang apa yang ingin diketahui pelanggan Anda.

Terakhir, tanyakan langsung kepada pelanggan atau perwakilan penjualan Anda. Jika satu pelanggan mengajukan pertanyaan tertentu, ada kemungkinan pelanggan Anda yang lain mengajukan pertanyaan serupa.

Tanpa alat kata kunci, bagaimana cara mengetahui apakah suatu topik atau kata kunci tidak terlalu kompetitif?

Hasil pencarian dapat memberikan beberapa petunjuk halus untuk membantu Anda menentukan apakah posting blog Anda memiliki peluang peringkat dalam pencarian atau tidak. Ini bukan ilmu pasti, dan hanya digunakan sebagai perkiraan ukuran seberapa besar kemungkinan peringkat posting Anda.

Pertama, buat daftar topik berdasarkan teknik penelitian topik yang dijelaskan di atas. Kemudian cukup ketikkan kata kunci untuk topik itu ke Google atau mesin pencari lainnya. Bandingkan jumlah hasil pencarian yang ditemukan oleh mesin pencari. Jika Anda dapat mengurangi angka tertinggi dengan faktor 1000 atau lebih, Anda dapat memilih topik itu. Jika tidak, gunakan saja topik yang menghasilkan jumlah hasil pencarian terendah.

Namun, jangan hanya berfokus pada angka. Buka halaman web teratas dan coba tanyakan pada diri Anda, “Dapatkah saya memberikan lebih banyak informasi daripada yang sudah disajikan di halaman web ini?”

Selain itu, jika di halaman hasil pencarian Anda melihat link ke artikel di forum web atau postingan media sosial, Anda mungkin memiliki peluang untuk mengungguli mereka. Ini karena mereka memiliki skor kredibilitas yang lebih rendah di mata Google. Situs baru Anda, yang berfokus pada sekelompok topik terkait, kemungkinan besar memiliki skor kredibilitas yang lebih tinggi, yang berarti peringkat SEO lebih tinggi.

Seberapa sering Anda harus ngeblog?

Ketika situs Anda baru, Anda harus membuat blog setidaknya sekali seminggu. Jangan fokus pada jumlah kata, tetapi lebih pada seberapa teliti Anda dalam menjelaskan topik kepada pengunjung web Anda di masa mendatang.

Rahasia peringkat dalam pencarian adalah tidak terlalu mengkhawatirkan volume kata kunci, skor kredibilitas, dan jumlah kata. Fokus Anda haruslah untuk membuat konten yang bermanfaat, menyeluruh, relevan dengan masalah pelanggan Anda, dan dapat dibagikan.

Jangan lupa untuk mempromosikan konten Anda melalui jejaring sosial Anda. Mesin pencari dapat mengenali konten berkualitas dari jumlah orang yang mengunjungi situs Anda.

Konten blog dan layanan copywriting web di Bali & Jakarta

Island Media adalah agen pemasaran digital yang berbasis di Bali yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda melalui teknologi komunikasi digital. Kami membangun situs web, mengelola media sosial, dan mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari.

Kami dapat membantu merek Anda menyampaikan pesan yang tepat. Hubungi kami secara gratis.

Hubungi kami

    Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan Google.