Bagaimana Seniman Digital Bekerja di Agency Design Kami

November 13, 2020

Written by

Gio Desain

Artikel ini bercerita tentang agency design kami yang berada di Bali. Kami akan memulai cerita ini dengan cerita tentang desain.

Ribuan tahun yang lalu, kita menggunakan mata kita untuk berburu. Kita berfokus pada tanda-tanda visual kecil yang memberikan informasi tentang keberadaan para mangsa. Kemudian, dengan penglihatan predator kita, gambar, simbol, dan akhirnya tulisan, telah diciptakan.

Desain visual berkembang secara kompleks. Kita memiliki dorongan untuk menggambarkan segala sesuatu di sekitar kita dengan tepat dan akurat. Dari patung proporsional Yunani Kuno hingga mahakarya Italia Renaisans, realisme adalah ciri desain yang hebat pada saat itu.

Suatu hari, kamera ditemukan. Seni realistik, meski masih mengagumkan hingga hari ini, perlahan-lahan kehilangan nilainya, karena realitas menjadi lebih mudah untuk ditiru dalam sekejap.

Desain visual menjadi lebih sederhana, dan bahkan lebih halus dan abstrak. Ini dipelopori oleh banyak gerakan, seperti kubisme dekonstruktif Pablo Picasso, dadaisme abstrak Marcel Duchamp, seni pop yang dapat diproduksi massal oleh Andy Warhol, dan banyak lainnya. Desain visual tidak lagi tentang menangkap kenyataan, tetapi lebih kepada menangkap ide dan menyebarkannya dengan cepat.

Dalam tahun 2020 ini, agency design terus-menerus memanfaatkan salah satu paradoks terbesar dalam hidup: yaitu kesederhanaan lebih bermakna daripada kompleksitas; cara yang lebih baik untuk berkomunikasi adalah dengan singkat, menyampaikan informasi tidak lebih dari yang diperlukan, namun secara halus menambahkan lebih banyak untuk mereka yang memperhatikan.

Desain modern untuk pemburu prasejarah

Mengapa kesederhanaan tampak lebih bermakna? Bagaimanapun, semua yang kita lihat di alam itu indah dan kompleks. Mengapa merancang situs web yang sederhana, datar, dengan kombinasi warna yang tidak banyak? Mengapa kita tidak meniru kecantikan alami ke dalam desain?

Ada saatnya ketika tombol terlihat tiga dimensi, ketika logo terlihat futuristik dengan kilau cermin, dan ketika memasukkan informasi sebanyak mungkin ke dalam iklan adalah penggunaan anggaran pemasaran yang bijaksana.

Kami mencoba menuju ke arah itu. Ternyata ini tidak berhasil dengan baik. Tren desain yang sederhana dan bersih cenderung lebih populer dibandingkan tren yang dulunya mendominasi dataran Internet di awal tahun 2000-an.

Memang, Internet telah menjadi tempat yang bising. Belum lama berselang, nenek moyang prasejarah kita telah belajar untuk fokus kepada stimulus visual dan suara yang benar-benar penting. Dengan cara yang sama, sekali lagi, mata kita sekarang digunakan untuk mencari informasi yang berguna, dan juga dengan cepat.

Lea Lee, Creative Director di design agency kami, mengetahui hal ini dengan baik. Saat dia dan timnya sedang dalam proses menyelesaikan draf akhir desain, mereka tidak bertanya tentang apa lagi yang bisa mereka tambahkan ke dalam desain untuk menyempurnakannya.

Sebaliknya, mereka berpikir secara terbalik. "Desainlah sesedikit mungkin," kata Lea. Ketika tidak ada lagi yang bisa diambil tanpa kehilangan artinya, desainnya sudah optimal.

Faktanya, pengunjung website suka membaca sepintas saja. Setiap website hanya memiliki beberapa detik untuk membuat kesan yang bagus. Namun Lea dan timnya mampu menciptakan suasana yang tepat dengan menempatkan elemen visual secara strategis.

Pengunjung dapat memahami produk dan bisnis tersebu bahkant sebelum membaca teks apa pun. Jika pengunjung dapat memahami bisnis secara visual, tim desain telah melakukan tugasnya dengan baik.

Kreasi itu mudah, desain itu sulit

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh seniman digital saat ini bukanlah kreasi desain visual. Kami sekarang memiliki teknologi yang memungkinkan kami membuat, mengedit, dan memperbanyak gambar dan ilustrasi dengan cepat.

Tantangan terbesar sebenarnya adalah untuk menjelaskan keputusan desain grafis kami. Lebih sering, desain grafis yang kami buat tampak cukup sederhana dan mudah dibuat ulang.

Memang benar menggunakan software untuk membuat desain grafis, logo, desain website atau visual brand itu mudah. Siapapun dapat menggunakan software.

Namun, menentukan skema warna, posisi elemen, tata letak, jenis huruf, animasi, dan penempatan media yang benar, itu tugas yang sulit. Melakukannya, sambil mengingat audiens target, apa yang mereka suka dan tidak suka, itu tugas yang sulit. Mengoptimalkan aspek desain visual tanpa merusak fungsionalitas situs web (kecepatan memuat, penggunaan memori, dll.) juga tugas yang sulit.

Menjelaskan prinsip "sederhana itu lebih baik" untuk beberapa klien juga cukup menantang.

“Banyak desainer [baru] membuat kesalahan dengan menjadi terlalu antusias mengenai sebuah desain, dan mencoba membuat klien terkesan dengan fitur yang sebenarnya tidak mereka butuhkan,” kata Lea saat mengingat pengalamannya selama lebih dari 20 tahun dalam mengelola tim kreatif dari Swiss ke Bali.

Sebelum bekerja di Island Media Management, mantan timnya merancang sesuatu yang sangat inovatif sehingga pengguna tidak tahu "di mana harus mengklik". Ironi dari desain yang terlalu kompleks adalah bahwa meskipun hal ini dapat membuat klien terkesan, pengguna sebenarnya mungkin tidak menyukainya sama sekali.

Lea dan timnya sekarang sangat berhati-hati dalam mengikuti tren. Misalnya, navigasi bergaya “grid navigation” dulunya cukup populer, tetapi hanya untuk beberapa tahun. Tata letak web eksperimental atau trendi seperti ini akhirnya mendapatkan kritik karena pengguna yang lebih tua menganggapnya membingungkan. Mereka tidak tahu cara menggunakan situs secara efisien. Untunglah kami tidak merekomendasikan ini kepada klien kami.

Bagaimana seniman digital kami membantu Anda mengekspresikan merek Anda secara visual?

Untuk menghindari pemborosan sumber daya pada desain yang tidak akan berhasil, design agency kami mendekati setiap proyek dengan cara yang sistematis, namun memberikan kelonggaran untuk penyesuaian / customization.

Tidaklah bijaksana untuk mengharapkan setiap klien melepaskan anggapan mereka tentang bagaimana seharusnya website tampil. Sebaiknya kita mendengarkan permintaan-permintaan penyesuaian sekecil pun. Seniman digital kami tetap akan memprioritaskan langkah awal yang penting untuk membangun fondasi yang tepat untuk desain web.

Dapat disesuaikan hingga detailnya

Tergantung kepada kerumitan proyek, kami bisa mulai bekerja dengan gambar rangka (wireframe), semacam draf untuk website Anda, untuk membayangkan penataannya dan fungsionalitasnya. Pada tahap ini, kami masih berfokus pada elemen situs dan fungsionalitasnya.

Inilah kesempatan Anda untuk menyukai atau tidak menyukai prototipe kami, dan sejujurnya tentang desainnya. Ingat, kami hanya ingin membuat sesuatu yang Anda suka, bukan yang menurut kami akan Anda sukai.

Setelah Anda menyetujui desainnya, pengembang dan desainer web dapat langsung bekerja untuk membuat website in-progress, belum terisi dengan konten. Pada titik ini, Anda dapat membantu tim kami dengan menyediakan gambar dan informasi yang benar untuk ditempatkan dalam situs.

Setelah Anda menyetujui desainnya, kami beralih ke tahap selanjutnya yaitu desain penataan warna. Setelah ini disetujui, kami dapat melanjutkan ke pengembangan (web development) situs Anda. Pada tahap ini, Anda dapat membantu tim kami dengan menyediakan gambar dan informasi yang benar untuk ditempatkan di website Anda

Buatlah website yang Anda banggakan

Media sosial seharusnya tidak menjadi satu-satunya cara merek Anda hadir di Internet. Betul bahwa ini cara yang gratis dan mudah dipersiapkan. Sangat mudah juga untuk kewalahan oleh pesaing jika Anda berbagi platform yang sama. Idealnya, konten Anda tidak boleh berada dalam ruang dan waktu yang bersamaan dengan konten pesaing Anda.

Investasikan dalam situs web dan nikmati dua hal: 1) properti online milik Anda, dan 2) perhatian penuh pelanggan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang layanan desain web kami.

Hubungi kami

    Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan Google.