Kembali Anda sedang membaca: Cara Membangun Situs E-Commerce dan Menghasilkan Uang Online

Cara Membangun Situs E-Commerce dan Menghasilkan Uang Online

header ecommerce website

Pada tahun 90-an dan awal 2000-an, istilah ‘e-commerce’ terdengar baru dan menarik. Pada saat itu, siapa pun yang pernah berkata, “Saya memiliki situs e-commerce” dipandang sebagai wirausahawan yang paham teknologi, yang sedang merumus cara menjadi kaya dengan Internet.

E-commerce sebenarnya menggambarkan proses penjualan produk dan jasa melalui Internet. Toko online adalah contoh situs e-commerce. Misalnya, situs untuk hotel, tempat tamu dapat memesan secara online, adalah situs e-commerce. Kami bahkan dapat memperluas penggunaan istilah “e-commerce” untuk menggambarkan aplikasi pemesanan transportasi seperti Gojek dan Grab.

Kata kunci penting dalam e-commerce adalah otomatisasi. Situs yang hanya menampilkan barang dan jasa, tetapi tidak menerima pembayaran di tempat, secara teknis bukanlah situs e-commerce. Situs tersebut mungkin dapat menggunakan beberapa komponen teknologi e-commerce, seperti cookie untuk melacak item di keranjang belanja atau sistem pengumpulan email otomatis.

google ad spend

Apa keuntungan memiliki situs web e-commerce?

E-commerce dapat menguntungkan kedua pihak pembeli dan penjual. Penjual tidak perlu menyewa atau memiliki toko fisik untuk setiap transaksi, dan tidak perlu mempekerjakan banyak staf. Toko dapat buka 24 jam karena orang-orang dapat melihat-lihat dan membeli produk pada waktu tertentu, di mana pun di dunia. Dalam arti tertentu, bisnis online melampaui batasan ruang dan waktu.

Keuntungan terbesar bagi pembeli adalah kecepatan dan kenyamanan. Pembeli tidak perlu berada di toko fisik. Mereka dapat dengan cepat menjelajahi lusinan situs, membandingkan produk, dan melakukan riset produk sendiri. Mereka memilih kapan dan di mana akan membelinya. Dalam beberapa kasus, ini bahkan dapat membantu mengekang kebiasaan membeli secara impulsif.

FAQ dan markup produk adalah beberapa contoh data terstruktur yang dapat menghasilkan ringkasan yang cukup lengkap pada hasil penelusuran. Selain itu, ringkasan yang lengkap dapat menyempurnakan tampilan cantuman hasil penelusuran Anda, seperti dengan menambahkan nilai, inventaris, atau informasi harga. Informasi ini dapat mengarahkan pengguna ke halaman Anda.

Klik mereka dapat membantu laman Anda mencapai RKT yang lebih tinggi, yang merupakan metrik pengguna yang dilihat Google.

Apabila laman Anda memperoleh RKT lebih tinggi daripada laman di atasnya, hal itu mengirimkan sinyal ke Google bahwa laman Anda lebih relevan untuk penelusuran. Sebagai tanggapan, Google menaikkan halaman Anda, membantu peringkat Anda lebih tinggi dan menarik lebih banyak lalu lintas situs web.

 

Cara membangun situs e-commerce, adakah formula sukses?

Jika Anda memikirkannya, toko e-commerce memiliki banyak kemiripan dengan toko fisik. Misalnya, kedua toko memiliki dua sisi, yaitu sisi yang berhadapan dengan pelanggan dan sisi yang dibatasi untuk staf, di mana aktivitas bisnis lainnya berlangsung.

 

Sisi Yang Berhadapan Dengan Pelanggan

Alih-alih tampilan jendela, toko e-commerce memiliki beranda yang menampilkan berbagai produk unggulan. Alih-alih dekorasi dan perabotan, toko e-commerce memiliki warna merek, tata letak yang rapi, dan navigasi yang mudah yang memungkinkan pelanggan menemukan apa yang mereka cari secara intuitif.

Sebelum Anda meluncurkan situs web Anda, bahkan sebelum Anda membeli domain dan hosting, Anda harus berkonsultasi dengan perancang web. Perancang web atau web designer mirip dengan arsitek toko Anda. Ia akan memahami bagaimana elemen visual yang tepat dapat digabungkan untuk menciptakan pengalaman pengguna dan antarmuka (UX / UI) terbaik.

 

1. Komunikasi Pelanggan

Bagaimana dengan pegawai toko? Sebagian besar toko e-commerce dibangun dengan asumsi bahwa pelanggan lebih suka melakukan riset produk mereka sendiri, tetapi ini tidak berarti bahwa bisnis tidak dapat berinteraksi dengan pelanggan. Ada beberapa cara untuk terlibat dengan pelanggan:

ecommerce blogA. Blog

Blog adalah gudang pengetahuan bisnis Anda. Anggap saja ini sebagai majalah atau publikasi bisnis Anda yang berisi semua berita, wawasan, tip dan trik, dan apa pun yang memberi pelanggan nilai tambahan secara gratis.

Blog yang ditulis dan dikurasi dengan baik dapat membuat perbedaan besar dalam cara pelanggan memandang bisnis Anda. Ada juga manfaat tersembunyi dari mendirikan sebuah blog. Mesin pencari akan mengenali bahwa situs web Anda aktif, informatif, dan berwibawa. Mereka dapat menampilkan situs web Anda sehingga lebih mudah ditemukan oleh pelanggan baru.

 

ecommerce livechatB. Chat Langsung

Banyak toko e-commerce sekarang menampilkan fitur obrolan langsung di salah satu sudut halaman beranda. Ini memberi pelanggan kemampuan untuk berbicara dengan seorang perwakilan bisnis, dan bisa mendapatkan dukungan saat dibutuhkan. Sebagai alternatif, chat bot dapat dipasang untuk memfilter pertanyaan umum yang dapat dijawab secara otomatis. Ini memungkinkan bisnis untuk mempekerjakan lebih sedikit orang untuk menjawab permintaan yang lebih spesifik dan tidak umum.

 

customer supportC. Customer Service

Bisnis apa pun, di mana pun ia beroperasi, harus memiliki dukungan pelanggan yang tepat. Kontak langsung dengan e-mail atau hotline, dikombinasikan dengan persyaratan dan kebijakan yang jelas, akan berdampak besar dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Pelanggan yang telah menerima dukungan yang memuaskan kemungkinan besar akan menjadi pendukung bisnis Anda, jadi pengaturan dukungan pelanggan yang cermat sangat penting.

 

2. Sistem pembayaran yang aman

Semua toko e-commerce memiliki mekanisme ‘keranjang belanja’ yang mengingat semua produk yang telah dipilih pelanggan, sehingga ia dapat membayar semuanya sekaligus.

Pembayaran yang dilakukan di situs web melalui beberapa proses. Pelanggan memasukkan detail kartu pembayaran mereka, dan ini akan dikirim langsung ke layanan pihak ketiga yang disebut gateway pembayaran, yang memvalidasi transaksi dengan bank klien dan meneruskan hasil validasi kembali ke server pedagang dan layanan perbankan pedagang.

Gerbang pembayaran (payment gateway) memastikan pembayaran yang aman dan otomatis sesuai dengan standar PCI DSS pada kartu pembayaran. Tim pengembang web Juicebox Management dapat membantu Anda menerapkan ini di situs web e-niaga milik Anda sendiri.

cookies retargeting3. Mengingat Pelanggan

Cookies adalah bagian kecil dari data sisi klien yang memungkinkan situs web mengingat pelanggan tanpa mereka harus membuat akun baru. Cookie ini bekerjasama dengan teknologi pemasaran lainnya untuk memungkinkan Anda menayangkan iklan yang secara khusus menargetkan pengunjung Anda sebelumnya. Ini yang dikenal sebagai iklan penargetan ulang (retargeting).

Undang-Undang GDPR Uni Eropa 2018 menegaskan bahwa Anda harus memberitahu pengunjung bahwa situs menjalankan cookie, dan pengguna harus secara khusus memilih untuk ikut serta dalam pelacakan data tersebut. Ini melibatkan beberapa pekerjaan teknis dalam pengkodean. Namun perusahaan yang menyediakan layanan pengembangan web yang kompeten dan modern seharusnya sudah memahami cara menerapkannya.

4. Pengiriman produk yang mulus

Saat ini, toko fisik mempertahankan satu keunggulan dibandingkan toko e-commerce, yaitu pengiriman produk secara instan. Toko e-commerce harus bekerja sama dengan perusahaan logistik atau pengiriman untuk menyediakan pengiriman produk yang tepat waktu kepada pelanggan. Ini berarti memiliki jadwal pengiriman yang konsisten dan kebijakan pengembalian yang jelas.

 

Membangun toko e-commerce Anda yang pertama

Anda dapat menghasilkan uang secara online dengan mengirimkan produk ke seluruh dunia dan mengurangi biaya yang terkait dengan memiliki toko fisik. Salah satu cara untuk mengembangkan toko e-commerce pertama Anda adalah bermitra dengan agen pengembangan situs web terpercaya seperti Juicebox.

Segera tingkatkan visibilitas bisnis anda di dunia digital dengan jasa digital marketing yang terpercaya seperti Juicebox. Juicebox adalah agensi digital marketing yang berbasis di Jakarta dan Bali. Island media menyediakan berbagai jasa digital marketing seperti jasa SEO (Search Engine Optimization), jasa Search Ads seperti Google Ads, jasa sosial media ads seperti Facebook Ads, sampai jasa copywriting seperti jasa pembuatan artikel. Hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli digital marketing.

Lihat