When social media platforms were invented around a decade ago, there weren’t many competitors, and organic social media marketing was relatively easy. However, social media is now a busy place. If you are a new business, you cannot beat all that noise and barrage of content generated by users and competitors, using only organic (free) content.

You will also need to supplement your organic content campaigns with a line of ads ready to break through the noise. These will give your brand mere seconds of exposure on the world stage.

Cara mengoptimasi Iklan Facebook dan Instagram

Sebagian besar bisnis dari mayoritas industri cenderung menggunakan Facebook dan Instagram karena mereka lah platform media sosial paling populer di dunia.

Jika digabungkan, mereka menyajikan konten kepada 3,7 miliar pengguna, sekitar setengah dari populasi dunia. Karena Instagram dimiliki oleh perusahaan Facebook, Anda diberi pilihan untuk menempatkan iklan Anda di salah satu atau kedua platform saat bekerja dengan hanya satu Facebook Ads Manager.

Pada dasarnya, mengoptimasi iklan media sosial berarti Anda akan selalu memperhitungkan faktor-faktor yang diketahui yang dapat berkontribusi pada keberhasilan tujuan kampanye tertentu. Tidak semua tujuan kampanye adalah untuk meningkatkan pendapatan, meskipun ada banyak tujuan kampanye yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan pendapatan, seperti kunjungan toko, melihat katalog produk, dan lainnya. Kami akan menyelami tujuan kampanye secara mendetail di bawah.

Inilah contoh iklan media sosial pada perangkat seluler.
Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye iklan media sosial

Secara umum, faktor-faktor tersebut terbagi dalam dua kategori: 1) audiens dan 2) anggaran. Sederhananya, faktor terkait audiens adalah faktor yang tidak terpengaruh oleh batas anggaran yang Anda pilih.

Faktor terkait audiens sering diabaikan karena pengiklan teknis berfokus pada persaingan untuk mendapatkan ruang iklan dengan mengoptimasi anggaran iklan. Ini karena cenderung ada pola data yang sangat jelas antara pengeluaran untuk iklan, penempatan, rasio klik-tayang (CTR), dan tingkat jangkauan.

Namun, faktor psikologis seperti jenis iklan, konten gambar atau video, teks iklan, ajakan bertindak, kesadaran merek, dan konteks sosial / budaya / ekonomi tempat iklan ditayangkan, setidaknya sulit untuk diprediksi . Setiap kampanye baru adalah eksperimen psikologis uniknya sendiri, dan satu alat terbaik untuk mengukur kinerja antara dua variasi iklan adalah dengan uji A/B.

Namun, telah terbukti bahwa lebih berfokus pada faktor psikologis akan meningkatkan keberhasilan kampanye iklan Anda. Ini karena Anda tidak perlu memperlakukan iklan media sosial seolah berbeda dari iklan konvensional.

Anda pernah melihat iklan papan reklame yang lucu? Pemasar pasti telah membayar sejumlah besar uang untuk menyewa ruang beriklan itu. Oleh karena itu, iklan tersebut harus menarik perhatian dan membuat orang berpikir tentang merek, dan jika tidak maka semuanya akan sia-sia.

Strategi umum untuk mengoptimasi kampanye iklan media sosial

Berikut adalah beberapa strategi umum yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi iklan Facebook atau iklan Instagram.

Merk atau Brand perlu untuk mengikuti tren

1. Menggunakan konten yang ada dan berkinerja baik

Mempromosikan konten Anda yang sudah ada bukanlah hal yang buruk. Konten Anda yang sudah pernah diposting telah mendapatkan banyak Likes, dan telah dibagikan oleh banyak orang karena sudah menghabiskan lebih banyak waktu dalam lanskap online sosmed. Ia telah memperoleh jangkauan organik dengan sendirinya.

Jika Anda mencari konten yang akan memikat target audiens yang sama, pilihlah salah satu konten yang sudah berhasil disukai oleh audiens Anda saat ini. Hasilnya, Anda dapat meningkatkan audiens yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda.

Gunakan strategi ini jika Anda ingin meningkatkan kesadaran merek dan jika Anda yakin bahwa masih ada potensi pasar yang belum ditemukan.

2. Uji A/B variasi iklan media sosial Anda

Membuat kampanye baru tidak berarti Anda harus bermulai dari awal. Anda dapat mengambil inspirasi dari semua kampanye yang berhasil di masa lalu. Apa yang membuat mereka begitu menarik bagi para audiens? Apakah ini disebabkan oleh pilihan media (gambar dan video) atau jenis postingan (carousel, gambar tunggal, dll.), atau mungkinkah karena pilihan kata-kata yang tepat?

Menganalisis hal ini akan sangat mempersempit pilihan Anda, namun, untuk mengetahui dengan pasti faktor mana yang berkontribusi pada kesuksesan iklan Anda, Anda dapat melakukan pengujian A/B pada setiap faktor. Ini akan menguji dua variasi iklan dengan perbedaan kecil. Semakin banyak Anda menguji, semakin besar kemungkinan untuk menemukan sebuah pola.

Anda bisa membuat kesimpulan sederhana dan merancang taktik Anda sendiri hanya dari kegiatan ini. Taktik ini unik untuk bisnis Anda. Gunakan strategi ini kapan pun Anda ingin membuat iklan baru.

 

3. Pengoptimalan otomatis akan meringankan beban Anda

Pengoptimalan otomatis tampak bukan pilihan yang populer dalam konteks penyetelan batasan anggaran. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, kinerja sebuah iklan tidak hanya bergantung pada seberapa banyak uang yang Anda belanjakan untuk iklan. Anda dapat mempercayai Facebook untuk 'meminjamkan' algoritma dan kumpulan data pengguna mereka.

Anda mungkin mengetahui secara kasar jenis orang yang mungkin tertarik dengan iklan Anda. Namun, terkadang demografi atau minat pelanggan tidak berkorelasi kuat dengan seberapa kuat merek Anda menarik perhatian. Namun beberapa hal dari target pasar Anda sudah diketahui oleh Facebook, Google, dan perusahaan teknologi lainnya, dan mungkin Anda belum cukup tahu tanpa data yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan di atas.

Jangan takut untuk memberitahu Facebook tentang tujuan kampanye, agar dapat membantu Anda menemukan audiens yang mirip, dan mengabaikan orang-orang yang sudah menjadi pelanggan Anda. Semua hal ini bisa dilakukan secara otomatis dan mudah.

Gunakan strategi ini kapan pun Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kemungkinan taktik kampanye yang dapat Anda gunakan di masa mendatang.

Bekerja dengan agen spesialis

Apa yang membuat iklan media sosial sulit adalah bahwa ini merupakan persimpangan antara dua ilmu: ilmu komunikasi massa dan ilmu data. Di Island Media Management, spesialis iklan kami sudah dilatih untuk mempertimbangkan dari perspektif manusia dan logika mesin, untuk menemukan pola berharga yang akan menghasilkan keuntungan.

Mari kita cari pengikut baru untuk akun Anda.

About the author

Gio

Gio

Gio is a creative writer with a technical background in food science. His strong research skills and a keen sense of communication style blend well to craft compelling content. His personal blog covers topics about lifestyle, food, and finance. 

Related Post

Post on December 4, 2020
Tampaknya selalu ada saja konsep baru dalam dunia pemasaran, dan pendekatan pemasaran 360 derajat (atau...
Post on November 13, 2020
Anda mungkin telah meluncurkan website Anda yang baru. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat...
Post on October 23, 2020
Saat ini beriklan secara daring lebih mudah daripada sebelumnya. Jika Anda menghabiskan banyak waktu online,...