Anda mungkin telah meluncurkan website Anda yang baru. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat orang mengunjungi situs Anda, untuk mendapatkan traffic pengunjung. Bagaimana Anda 'memasarkan' website Anda untuk menarik pengunjung lebih banyak? Bagaimana kami melakukan ini tanpa menghabiskan terlalu banyak uang untuk iklan? Apakah Anda bingung dengan istilah "search engine optimization" atau "SEO"?

Jika Anda baru mengenal pemasaran situs atau website marketing, panduan ini cocok untuk Anda. Jika Anda belum membuat website dan ingin tahu apakah sebuah website layak untuk diinvestasikan, pertimbangkan bagian berikut:

Gambar smartphone dengan aplikasi sosmed yang terbuka

Apakah memiliki website bagus untuk bisnis?

Media sosial, seperti Facebook dan Twitter, telah mempermudah orang untuk hadir secara online, mengembangkan merek mereka, dan berbisnis tanpa menyentuh kode sumber.

Namun, situs web tetap menjadi salah satu alat pemasaran terbaik untuk bisnis menengah hingga besar. Memang benar bahwa situs web membuat bisnis tampak lebih profesional. Namun memiliki website lebih dari sekadar untuk pencitraan. Anda berpotensi dapat meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pasar dengan web design yang tepat.

Media sosial dapat meraih tujuan yang sama, tetapi dengan beberapa kelemahan. Konten yang Anda buat dalam media sosial harus bersaing dengan konten yang dibuat oleh bisnis lain (dan teman-teman pengguna) pada newsfeed. Terdapat cara yang masih terbatas bagi Anda untuk mengekspresikan kepribadian merek Anda di setiap platform media sosial.

Website dapat disesuaikan menurut keinginan Anda, dari segi penampilan hingga fungsionalitasnya. Situs disamakan dengan real estate online pribadi Anda sendiri. Setelah pengunjung terpikat pada pembaruan konten Anda, pengunjung akan mendapatkan perhatian penuh kepada bisnis Anda, yang berarti tingkat konversi dan penjualan yang lebih tinggi.

Website Anda bisa menjadi tempat untuk menyampaikan ilmu, berita, penawaran khusus, dan menjadi tempat yang nyaman untuk membangun hubungan bisnis yang baik.

 

Mengapa beberapa website lebih menguntungkan daripada yang lain?

Kinerja website sebagai alat pemasaran umumnya bergantung pada tiga faktor:

 

1. Desain dan fungsionalitas website

Bagaimana penampilan website dilihat oleh pengunjung, dan seberapa nyaman perasaan pengguna saat menavigasi atau menggunakan situs. Misalnya, kegunaan situs yang baik adalah fungsional, bebas eror dan dapat dimuat dengan cepat.

2. Penemuan oleh mesin pencari

Mesin pencari perlu menemukan, “merayapi” (crawling, membaca), dan mengindeks situs Anda ke dalam gudang referensi tautan web mereka. Jika mesin telusur gagal untuk memahami situs Anda, akibatnya situs Anda tidak tercantum pada halaman depan hasil penelusuran. Di sinilah pengoptimalan mesin pencari atau search engine optimization berperan.

3. Promosi situs web

Anda juga dapat mempromosikan website dan kontennya dengan berbagai cara, mulai dari media sosial, tanda tangan email, word-of-mouth, dan influencer marketing. Ini mungkin tidak memerlukan search engine optimization.

Apa itu desain situs web yang 'baik'?

Manusia sangat pemilih dalam menilai situs mana yang aman untuk dikunjungi. Meskipun website mewakili bisnis yang sah, desain web yang buruk dapat membuatnya tampak seperti sarang penipuan dan kejahatan.

Namun begitu banyak situs bisnis gagal dalam memahami desain website yang dasar. Misalnya, beberapa situs sangat ingin menunjukkan semua produknya kepada pengunjung, sehingga halaman beranda tampak tidak rapih, tanpa struktur atau hirarki yang jelas. Beberapa website juga menampilkan widget dan pop-up yang tidak diperlukan, sehingga hanya mengganggu perhatian pengguna.

Desain website yang baik itu sederhana, terstruktur, dan mudah diikuti dari atas ke bawah. Pengguna dapat menavigasi ke halaman yang mereka inginkan dengan mudah , dari navigation bar hingga link dalam konten. Gambar-gambarnya proporsional dan seimbang, skema warna menyenangkan untuk dilihat, dan website responsif terhadap ukuran layar, sehingga terlihat bagus pada perangkat apa pun.

 

Akankah desain situs web membantu SEO dan mesin pencari?

Tentu saja. Sebuah website yang secara intrinsik dapat dinavigasi dan bagus untuk dilihat akan disukai oleh mesin pencari dan pengunjung. Jika Anda telah meminta agency perancang web untuk membuatkan situs untuk Anda, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan web yang dirancang dengan indah langsung dari kotaknya.

Hanya dalam kurun waktu singkat, mesin pencari akan merayapi dan mengindeks situs Anda secara lengkap. Sementara itu, jumlah pengunjung yang awalnya sedikit akan merekomendasikan situs Anda kepada yang lain, karena mereka mempelajari informasi dari website Anda adalah pengalaman yang positif.

Suatu saat nanti, mesin pencari juga akan mengenali website Anda yang kian populer. Ini akan mempengaruhi sinyal yang digunakan mesin pencari untuk merekomendasikan halaman web Anda pada hasil pencarian teratas.

Bagaimana cara meningkatkan tingkat konversi situs web?

Desain situs web yang buruk sangat membutuhkan perhatian dan memiliki terlalu banyak target konversi. Lalu sebaiknya Anda harus mengetahui jawaban untuk pertanyaan ini: "Apa satu hal yang saya ingin pengunjung saya lakukan, jika bukan yang lain?"

Tidak realistis untuk mengharapkan pengunjung Anda agar langsung berlangganan pada email newsletter Anda, memesan kamar atau tiket, membeli barang Anda, dan menghubungi tim penjualan Anda, semua dalam satu kunjungan! Jadi, Anda harus memilih tujuan konversi mana yang sesuai untuk pelanggan baru, dan yang mana akan membuat penjualan.

Jika Anda memiliki situs web untuk hotel, memesan kamar sebenarnya bukan tujuan konversi pertama. Anda ingin mereka melihat-lihat album foto akomodasi Anda, untuk mengetahui harga, fasilitas, dan aktivitas di sekitar area tersebut.

Hanya setelah pengunjung menunjukkan minat dengan mengunjungi halaman Booking, Anda dapat menekan mereka dengan pop-up promosi untuk menarik mereka lebih lanjut ke tahap pembelian mereka.

Strategi penjualan online yang seperti ini harus dirancang dengan cerdik.

Bagaimana pemasaran konten dapat meningkatkan SEO, atau search engine optimization?

Sekilas, SEO mungkin terlihat sangat teknis sehingga hanya data scientist lah yang akan memahaminya. Memang benar bahwa beberapa bagian SEO memerlukan pengamatan yang cermat terhadap data cookie, tetapi secara umum, SEO memiliki beberapa prinsip yang cukup jelas:

Mesin pencari menerima jutaan pertanyaan setiap hari, dan mereka perlu memberikan jawaban yang andal dengan informasi yang relevan, dari situs web yang dirancang dengan baik untuk pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membantu mesin pencari memberikan jawaban ini dengan tepat, Anda akan diberikan imbalan promosi pada halaman pertama hasil mesin pencari.

Satu-satunya strategi untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari adalah melalui pemasaran konten, yaitu menyediakan konten untuk dibaca dan dinikmati orang. Agar mesin pencari memahami konten Anda, algoritma mencoba melihat kata kunci, yaitu kata atau frasa yang dikemas dengan makna dan konteks.

Misalnya, jika Anda memiliki praktik perawatan gigi, situs web Anda harus menyertakan kata "perawatan gigi" setidaknya sekali. Tidak masuk akal untuk mengecualikan kata kunci ini karena pada dasarnya ia mendeskripsikan bisnis Anda.

Pemasar konten situs web menulis artikel di blog. Blog memiliki dua keuntungan: 1) Untuk memberi tahu orang-orang bahwa situs web Anda kredibel dan berwibawa, serta memiliki informasi yang dapat diandalkan, dan 2) memberikan kesempatan pada situs web Anda untuk memasukkan kata kunci yang dicari mesin pencari tanpa mengetikkan kata kunci setelah kata kunci tanpa konteks. Inilah praktik buruk yang dikenal sebagai penjejalan kata kunci (keyword stuffing)

 

Bagaimana media sosial dan iklan digunakan untuk mempromosikan situs web?

Setelah situs web Anda dibuat, Anda menarik lebih banyak pengunjung menggunakan Google Ads, Bing Ads, atau layanan iklan lainnya dengan mesin pencari. Dua yang umum adalah Google dan Bing, tetapi pada dasarnya semua layanan iklan pencarian bekerja dengan cara yang sama.

Dengan iklan, sebaiknya jangan menargetkan beranda Anda sebagai landing page. Ini karena iklan pencarian cenderung menargetkan pengguna pencarian yang memiliki minat membeli, atau berlangganan layanan. Strategi pemasaran website semacam ini adalah untuk meningkatkan tingkat konversi, tidak harus traffic.

Meskipun traffic tinggi tidak menjamin tingkat konversi yang tinggi, Anda dapat menjamin bahwa ada potensi untuk tingkat konversi yang lebih tinggi. Mungkin pengunjung Anda mengalami hambatan dalam proses pembelian atau pemesanan.

Jika saat ini Anda hanya ingin mendapatkan daya tarik pasar, target traffic yang tinggi adalah tujuan yang layak untuk dimiliki. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk iklan, tetapi perlu menghabiskan waktu untuk membuat konten yang menarik dan dapat dibagikan.

Bagikan konten dalam media sosial dan kepada pelanggan di daftar email Anda. Jika ada yang berkomentar, segera tanggapi agar pengunjung Anda merasa dihargai.

 

Masih banyak yang harus kita bicarakan

Artikel ini sudah lumayan panjang, tapi masih banyak yang harus kita bahas. Jika Anda tertarik untuk berbicara dengan kami, kami akan dengan senang hati menerima telepon Anda. Di Island Media Management, kami mengambil merek dan memanfaatkannya dengan teknologi digital.

Hubungi kami untuk segera mulai bekerja!

About the author

Gio

Gio

Gio is a creative writer with a technical background in food science. His strong research skills and a keen sense of communication style blend well to craft compelling content. His personal blog covers topics about lifestyle, food, and finance. 

Related Post

Post on December 11, 2020
When social media platforms were invented around a decade ago, there weren’t many competitors, and...
Post on December 4, 2020
Tampaknya selalu ada saja konsep baru dalam dunia pemasaran, dan pendekatan pemasaran 360 derajat (atau...
Post on October 9, 2020
Apakah Anda punya waktu 5 menit? Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan ringkas beberapa...