SEO Lokal: Tips Agar Bisnis Anda Eksis dalam Google Search

Mei 29, 2020  |   Digital Marketing, SEO

Sebagian besar bisnis mendapatkan pelanggan lokal dari sekitarnya. Jika Anda melayani jasa wedding organizer di Jakarta Selatan, contohnya, tidak jarang Anda akan didatangi oleh mereka yang juga tinggal di daerah ini. SEO Lokal (disebut juga local SEO) sangat berperan dalam mempertemukan sebuah bisnis dengan pelanggannya pada lokasi yang berdekatan.

Bagaimana seseorang menemukan sebuah bisnis lokal?

Ketika pengguna mesin pencari mengetik kata kunci yang berhubungan dengan lokasi, pengguna tersebut melakukan pencarian lokal.
Contohnya:

  • “wedding organizer di jakarta selatan”
  • “wedding organizer fatmawati”
  • “wedding organizer terdekat”
  • “wedding organizer dekat saya”

Para pelanggan tersebut tidak ingin mencari terlalu jauh dari kota tinggalnya agar dengan cepat bisa konsultasi dengan wedding organizer.

Sekarang, Google dan mesin pencari lainnya lebih canggih. Dengan menggunakan lokasi perangkat Anda, mesin pencari dapat menebak bahwa Anda mungkin ingin melakukan pencarian lokal, meski tanpa penggunaan kata kunci lokasi.

Apa artinya bagi bisnis-bisnis lokal?

Artinya, bisnis Anda akan semakin mudah untuk ditemukan oleh pelanggan di sekitar Anda. Hal ini juga dapat mempersulit Anda apabila situs bisnis Anda belum teroptimasi untuk SEO lokal, dan mengakibatkan situs Anda kalah tanding dengan kompetitor.

Tentunya, adapun panduan untuk mengoptimasi situs Anda agar mesin pencari seperti Google dapat mengenal bisnis Anda. Cermati tips berikut ini yang dapat meningkatkan kualitas SEO lokal situs Anda.

Sertakan kata kunci geografis pada konten, HTML tag dan URL

Jika Anda mengenali konsep SEO secara umum, pasti Anda tahu pentingnya peran kata kunci dalam konten website. SEO lokal tidak beda dalam segi ini, Anda perlu memasukkan kata kunci lokal seperti nama kota, nama jalan, atau bahkan nama tempat terdekat.

1. Merencanakan kata kunci

Pastikan Anda sudah memiliki strategi branding terlebih dahulu. Menggunakan contoh di atas, apakah wedding organizer tersebut ingin dikenal untuk melayani satu daerah spesifik saja (seperti Jl. Fatmawati, daerah PIM, dll.), atau mencangkupi seluruh daerah DKI Jakarta?

Ingat bahwa semakin besar cangkupan bisnis Anda dari segi branding, semakin sulit untuk berkompetisi dalam halaman hasil pencarian atau SERP (Search Engine Results Page). Namun tidak ada salahnya juga untuk meliputi semua kata kunci yang berhubungan dengan lokasi tepatnya bisnis Anda berdiri.

2. Mengisi halaman situs dengan konten

Title tag, heading tag dan sub-heading memerlukan kata kunci lokasi agar mesin pencari dapat mengenal isi situs Anda. Terapkan kata kunci dengan strategis, yaitu dengan memikirkan juga penampilan situs dari segi pandang pengunjung.

Jangan pernah melakukan keyword spamming, yang berarti menulis kata kunci berkali-kali dalam setiap bagian halaman. Sebaiknya Anda menulis konten seakan-akan Anda sedang mengenal bisnis Anda secara alami kepada prospek dari luar kota.

For example, for the homepage you can write something like this:

<title> Endgame Jakarta Wedding Organizer </title>

<header>

<h1> The Fastest Wedding Organizer in Jakarta </h1>

<h2> You specify the package, we immediately work on </h2>

</header>

<p> Marriage is a special event. No wonder the wedding will be very complicated, and time and energy consuming. With an organizational system that covers North Jakarta and South Jakarta, we do not stop providing materials and talents for wedding needs flexibly. You only need to choose the package and event time. </p>

From this example, the keywords used in the title tag, heading tag and paragraph have included the keywords "South Jakarta, North Jakarta, Wedding Organizer, weddings, weddings, and weddings".

3. Kata kunci dalam meta tag dan URL

Penulisan meta tag terlihat di bawah tautan pada halaman hasil pencarian atau SERP. Ini digunakan untuk merangkum isi halaman dan juga untuk menarik perhatian pengunjung. Jangan lupa menerapkan beberapa kata kunci pada meta tag.

Jika Anda belum memiliki situs, ini saat yang bagus untuk mendaftar domain dengan URL yang mengadung kata kunci penting. Contohnya, “www.wedding-endgame.co.id”.

Evaluasi kecepatan dan penampilan situs pada perangkat mobile

Kecepatan dan penampilan situs pada perangkat mobile (seperti smartphone dan tablet) adalah faktor penting dalam SEO secara keseluruhan. Ini karena kegiatan pencarian sudah sering dilakukan dengan perangkat mobile.

Pengguna perangkat mobile cenderung memiliki standar yang tinggi perihal kecepatan mengundduh situs. Anda dapat mencari software gratis yang dapat mendeteksi kecepatan untuk membuka situs dan halaman-halaman tertentu.

Penampilan dan kecepatan situs dapat Anda atur dengan cara:

  • Menggunakan gambar atau video yang berukuran lebih kecil, atau meng-embed video dari Youtube.
  • Menggunakan plug-in yang tidak boros RAM perangkat dan yang kompatibel dengan plug-in lainnya.

Menggunakan mobile-adaptive atau mobile-responsive layout situs dari program web developer terpercaya seperti WordPress, Weebly, dan lain-lain.

Kumpulkan “kutipan” dari berbagai media sosial dan directory

Kutipan adalah salah satu faktor terbesar dalam SEO maupun SEO lokal. Semakin banyak tautan (yang juga berkualitas) yang mengarah ke situs Anda, mesin pencari akan semakin melihat bahwa situs Anda ‘laris’ dicari oleh orang-orang, dan menyebabkan kenaikan peringkat pada halaman SERP.

Mengumpulkan kutipan tidak mudah dan memakan waktu cukup lama. Seiring berjalannya waktu, bisnis Anda akan menumbuhkan reputasi di antara komunitas warga Internet.

Anda dapat memulai dengan membuat fanpage dalam Facebook, membuat akun Pintrest dan Twitter. Instagram tidak dapat memberi tautan dari pengguna mengikuti akun Anda. Namun sebagai salah satu media sosial yang terpopuler di Indonesia, Instagram dapat membantu dalam meningkatkan citra bisnis Anda, dengan menampilkan dan/atau mengiklankan berbagai jenis produk.

Business directory adalah cara yang mudah (dan kebanyakan gratis) untuk menampilkan situs Anda dalam sebuah daftar bisnis. Beberapa pengguna business directory yang memiliki minat beli yang tinggi akan sangat mudah dialihkan dari situs tersebut.

Situs ulasan seperti Zomato, Tripadvisor dan lain-lain sangat berguna untuk mendapatkan testimoni sekaligus referal dari pelanggan asli, sekaligus juga sebagai alat pengaturan relasi publik. Dengan secara aktif menjawab ulasan apapun, bisnis Anda akan menarik orang-orang dan semakin terpercaya.

Gunakan juga Google My Business / Google Bisnisku

Jika pengguna mesin pencari mengetik nama bisnis Anda, pengguna akan berharap menemukan penyajian informasi terkait lokasi, alamat, jadwal buka, nomor telepon, alamat surel, bahkan Google Review dari pelanggan.

Semua informasi ini dapat didaftarkan ke dalam Google My Business atau Google Bisnisku. Setelah mengunggah semua informasi penting terkait bisnis Anda, sebuah surat akan dikirimkan kepada alamat bisnis Anda. Tugas Anda selanjutnya adalah untuk menggunakan kata sandi yang tercatat di dalam surat itu, untuk mengkonfirmasi bahwa bisnis Anda ada dan beroperasi pada alamat yang diklaim.

Google juga akan secara otomatis menempatkan lokasi bisnis Anda pada Google Maps. Ini akan memperluas tayangan nama bisnis Anda kepada hampir setiap orang yang menggunakan Google Maps pada lokasi tersebut.

Tentang Island Media Management

SEO lokal maupun global tidak selalu mudah untuk diterapkan dalam perencanaan pemasaran digital Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir berkat pelayanan jasa SEO di Bali dan Jakarta ternama, seperti Island Media Management.

Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun, Island Media Management telah membantu ratusan usaha dalam menampilkan nama mereknya pada mesin pencari terpopuler di dunia.

Mari kerja sama dengan kami.

Hubungi kami

    Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan Google.