Kembali Anda sedang membaca: Strategi (7 x 2) Digital Marketing untuk Startup

Strategi (7 x 2) Digital Marketing untuk Startup

marketing strategy startups

Anda sudah berhasil mengembangkan produk dan mengujinya di pasar? Siapkah Anda untuk menumbuhkan bisnis startup Anda? Pilih salah satu strategi digital marketing untuk startup di bawah ini, dan Anda pasti akan bisa membesarkan skala operasi dan penjualan.

Dalam artikel ini, kami sediakan 14 strategi digital marketing. Panduan ini dibagi menjadi dua bagian. Tujuh strategi digunakan untuk waktu jangka pendek, dan tujuh lagi digunakan untuk waktu jangka panjang. Jika Anda bertanya yang mana yang harus diprioritaskan, apakah strategi jangka pendek atau panjang, jawabannya adalah dua-duanya.

Dari pengalaman kami, kami tidak mengabaikan satu atau yang lainnya. Secara bersamaan kami menerapkan strategi jangka panjang dan pendek, dan ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Percayalah, karena kami dulunya juga startup, waktu pertama kali launching tahun 2013. Ini berarti umur Juicebox Management sudah tujuh tahun sekarang.

 

Mengapa Anda menerapkan strategi jangka pendek dan panjang secara bersamaan?

 

Strategi Digital Marketing Jangka Pendek

seperti iklan berfungsi untuk memperkenalkan merek Anda dan menyemangati pasar. Ini bermain pada psikologi perhatian dan konformitas sosial. Anda akan melihat ini di mana-mana, mulai dari diskon bazaar hingga pameran-pameran. Yang hanya dipedulikan pemasar adalah mengekspos merek kepada masyarakat.

Strategi jangka pendek sering mendorong penjualan dengan cepat karena pembeli tertarik oleh ‘hype’ dan semangat, dan berpartisipasi karena mereka melihat orang lain yang juga membeli, atau tertarik juga dengan harga promosi besar-besaran. Seperti semua yang menarik, paparan berulang terhadap konten promosi akan berisiko audiens menjadi lelah atau bahkan waspada terhadap merek Anda – sebuah fenomena yang disebut “ad fatigue” (lelah atau bosan dengan iklan).

 

Strategi Digital Marketing Jangka Panjang

di sisi lain fokus pada membangun kredibilitas merek dan hubungan dengan pelanggan. Ini membutuhkan waktu cukup lama untuk dikembangkan, tetapi pekerjaan branding sangat penting untuk dimulai sejak dini. Memproduksi konten dalam media sosial atau situs web Anda bisa terlihat seperti upaya yang tidak diperhatikan oleh target pasar Anda, dan ini bisa membuat frustasi pada awalnya.

Tetapi Anda harus percaya bahwa konten dan kerja keras Anda akan dihargai kelak nanti, ketika Anda berhasil membangun komunitas pelanggan yang puas, yang akan menjadi penggemar dan juga pendukung merek Anda. Tentu saja, Anda tidak dapat membangun kredibilitas merek jika Anda belum melakukan penjualan. Inilah sebabnya mengapa iklan penting untuk mendorong orang-orang agar mencoba merek Anda dahulu.

 

Tujuh strategi digital marketing untuk startup brand awareness dalam jangka pendek

 

1. Iklan Search Ads Dan Banner Ads

Mesin pencari sangatlah menarik karena ia merupakan produk gratis yang hampir tidak memerlukan upaya promosi. Kita dapat memilih untuk tidak menggunakannya, tetapi mesin pencari tampaknya sudah memasukkan dirinya ke dalam budaya digital modern kita, sehingga tak terbayangkan untuk hidup tanpa mesin pencari.

Sebagai website pertama yang kita kunjungi sebelum mengakses situs lain, upaya beriklan dengan mesin pencari penting untuk dilakukan. Search ads dan banner ads disajikan kepada pemirsa dengan geolokasi dan/atau minat pencarian tertentu. Ini memungkinkan Anda untuk beriklan secara efisien dan berskala besar.

Pastikan Anda sudah memiliki website sebelumnya karena tautan iklan akan mengarah ke sana. Pastikan kata kunci yang dipilih relevan dengan situs Anda agar biaya iklan lebih rendah. Pelajari lebih lanjut tentang iklan Pay Per Click (PPC Ads) di Google di sini.

 

2. Social Media Ads

Jika Anda belum memiliki website, Anda masih dapat beriklan dalam media sosial. Tetapi bahkan jika Anda sudah memiliki website, beriklan di media sosial dapat memperkuat upaya website marketing Anda, sehingga patut dipertimbangkan.

Iklan media sosial berbeda dari iklan search ads dan banner ads. Dengan search ads, satu-satunya konten iklan Anda adalah beberapa teks deskriptif yang terbatas (kurang dari seratus karakter). Iklan banner adalah gambar statis atau dinamis yang tidak boleh mengandung terlalu banyak teks. Iklan media sosial bergantung pada keterampilan pembuatan konten media sosial, seperti pemilihan gambar dan penulisan caption.

Ingatlah untuk membuat iklan, Anda harus seolah-olah membuat konten media sosial biasa. Konten perlu menimbulkan emosi yang kuat, baik positif atau negatif, dan menghibur atau setidaknya praktis. Ini memastikan bahwa konten apa pun yang Anda tayangkan, baik berbayar atau organik, layak untuk dibagikan. Pelajari lebih lanjut tentang social media ads di sini.

 

3. Live Streaming

Ini adalah versi online dari event marketing. Dalam event marketing “offline”, produk dipamerkan di satu tempat, dan diharapkan dapat menarik banyak orang. Tanpa media sosial, inilah satu-satunya kesempatan sebuah bisnis dapat percakapan langsung dengan prospek pelanggan.

Live streaming menawarkan pengalaman serupa di mana merek dapat menampilkan diri di depan banyak orang, mendidik, dan bahkan menghibur para penonton. Audiens dapat bertanya-tanya kepada presenter secara langsung dan lebih aktif dan terlibat dalam hubungannya dengan sebuah merek. Satu catatan penting adalah bahwa live streaming disarankan tidak untuk menjual, namun justru untuk berbagi pengetahuan dan pembangunan komunitas.

 

4. Program Referal

Program referal bisa dilakukan secara online. Misalnya, teknologi online reservation, booking engine dan ecommerce menyediakan tempat bagi pengunjung untuk memasukkan kode referal, dan kemudian dapat menawarkan diskon kepada pengunjung. Anda juga bisa bekerja sama dengan pelanggan Anda dan mendorong mereka untuk membagikan kode referal agar semua pihak mendapatkan keuntungan diskon. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mengubah website Anda menjadi mesin pemasaran otomatis.

 

5. Uji Coba Gratis

Bagi bisnis software sebagai layanan, atau disebut juga dengan istilah SaaS, uji coba gratis terlihat lebih efektif dibanding freemium dalam jangka pendek. Pertama, batas waktu uji coba gratis mendorong pelanggan agar mengeksplorasi fitur-fiturnya secara maksimal. Uji coba gratis ideal untuk pembelian satu kali, namun freemium baik untuk membangun kebiasaan dan mendorong pelanggan untuk berlangganan layanan premium, dalam waktu yang dekat atau lama.

 

6. Pre-Order

Jika bisnis Anda telah berjalan selama beberapa waktu dan Anda tahu produk mana yang terlaris, Anda dapat mendorong taktik kelangkaan pada jangka pendek dengan mengklaim bahwa produk tersebut diminta oleh begitu banyak pelanggan, tetapi dalam persediaan yang terbatas. Di website atau media sosial, Anda dapat mengumumkan berapa banyak produk yang tersisa dalam stok untuk diperebutkan.

Taktik ini akan berfungsi jika pasar Anda termasuk yang niche, dan jarang yang menjual produk yang sama. Jelas gunakan taktik ini untuk barang fisik seperti makanan dan pakaian. Gunakan taktik dengan hemat dan hanya gunakan untuk menyemangati pasar, bukan untuk menaikkan harga.

 

7. Welcome Discount

Strategi “welcome discount” juga efektif dalam sebagian besar website. Cookie tertentu dapat mengidentifikasikan pengguna yang baru pertama kali mengunjungi situs dan belum membuat akun. Tetapkan diskon besar untuk setiap layanan dan tampilkan semacam timer countdown. Ini bekerja dalam dua tingkat: 1) untuk menciptakan kelangkaan dan 2) untuk menawarkan masa percobaan berbayar tapi murah.

 

Tujuh strategi digital marketing untuk startup membangun kredibilitas dan hubungan

 

1. Layanan Konsumen

Apakah mengejutkan bahwa layanan konsumen merupakan bagian dari strategi pemasaran digital? Seharusnya tidak. Di era digital, layanan konsumen seharusnya tidak lagi dibatasi oleh jumlah staf. Ada lusinan perusahaan SaaS yang menawarkan plugin artificial intelligence (AI) chatbot ke dalam situs Anda. Ini akan membantu tim layanan konsumen Anda untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan, memilah permasalahan, dan mengarahkan pelanggan ke staf yang ahli.

 

2. Pemasaran Konten (Content Marketing)

Pemasaran konten adalah suatu keharusan karena merupakan strategi pemasaran digital jangka panjang yang paling dapat diandalkan.

Konten (seperti artikel, video, podcast, dan media interaktif lainnya) membangun kredibilitas merek Anda dengan menunjukkan bahwa bisnis Anda mutakhir dengan apa yang sedang trending dalam lingkungan sekitarnya dan dalam industri. Pelanggan saat ini ingin dididik dan membuat pilihan cerdas. Membuat konten yang mendidik akan membantu pelanggan Anda sedemikian. Dengan kata lain, merek Anda berpotensi dapat melayani seseorang jauh sebelum ia mendapatkan layanan dari bisnis Anda secara langsung dari pembelian. Ini meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas.

Pelanggan yang puas akan cenderung merujuk merek Anda ke orang lain, dan ini dapat dilakukan secara digital: Mulai dari sebuah mention dalam media sosial, berbagi tautan ke situs Anda melalui email, mengundang guest-posting atau bahkan meliputi bisnis Anda dalam berita. Tautan ke website Anda (dikenal sebagai backlink) adalah sinyal yang digunakan mesin pencari untuk menentukan apakah situs Anda layak untuk ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian.

Semakin banyak upaya yang Anda lakukan dalam pemasaran konten, dan secara aktif membagikannya secara online, semakin baik kredibilitas yang bisnis Anda miliki dan semakin tinggi peluang penemuannya oleh mesin pencari. Jika Anda membuat konten dan menargetkan kata kunci yang terbaik, konten Anda akan dioptimalkan untuk mesin pencari. Pelajari tentang search engine optimization (SEO) di sini.

 

3. Pemasaran Email

Sama seperti seseorang yang berlangganan ke Youtube channel dengan subscription, atau mengikuti akun di media sosial, mereka juga dapat berlangganan konten website Anda, sehingga konten dapat dikirimkan langsung ke inbox mereka. Namun, email marketing lebih dari sekadar cara untuk mendistribusikan konten Anda ke prospek yang tertarik.

Lebih dari sekadar berita buletin, emai jugal dapat digunakan sebagai strategi promosi lunak yang memberikan penawaran khusus kepada berbagai pelanggan Anda. Anda dapat menentukan konten mana yang lebih bermanfaat bagi sekelompok pelanggan.

Misalnya, seorang pelanggan yang baru saja membeli suatu produk dapat diminta untuk melakukan survei. Ini menentukan apakah ia puas dengan produk yang dibelinya. Jauh di kemudian hari, Anda dapat secara otomatis mengirim email khusus untuk individu ini jika ada pertanda bahwa kemungkinan ia akan menjadi pelanggan tetap.

Membuat proses ini otomatis adalah bagian dari praktik digital marketing yang baik. Anda dapat menggunakan software pengirim email khusus yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan marketing sambil tetap menghemat waktu.

 

4. Pembuatan Website Dengan Web Developer

Pembuatan website dapat memakan waktu, mulai dari konsep, desain, pengembangan hingga pengujian. Situs Anda juga memerlukan pemeliharaan dan pembaruan berkala, dan diisi dengan konten yang bermanfaat.

Karena banyak dari strategi yang disebutkan mengharuskan Anda untuk memiliki website, membuat website untuk bisnis merupakan investasi yang sangat baik. Mengembangkan website memiliki beberapa tingkat kesulitan tergantung pada customization, dan apakah ia memiliki fitur tertentu.

Untungnya, Anda tidak perlu belajar kode dan membangun situs web dari awal. Ada banyak website builder yang lengkap dengan sistem manajemen konten (content management system, CMS) yang memungkinkan Anda untuk menambahkan konten dengan mudah tanpa perlu menyentuh kode.

Merupakan ide yang bagus untuk bermitra dengan agen website developer seperti Juicebox Management. Anda tidak hanya mendapatkan produk akhir (situs web). Anda juga mendapatkan jaminan bahwa website Anda yang baru akan berfungsi dengan baik, terlihat oleh mesin pencari, dan mengotomatiskan penjualan Anda. Pelajari tentang layanan website developer kami di sini.

 

5. Google Bisnisku

Upaya SEO memang tidak mudah dan berjangka panjang. Tetapi ada jalan pintas untuk tampil di halaman depan Google meskipun bisnis Anda baru diluncurkan. Google Bisnisku adalah business listing gratis yang menampilkan keberadaan bisnis lokal di dekat posisi pencari. Mendaftar ke dalam Google Bisnisku sangat mudah dan tidak memakan lebih dari satu jam. Setelah Anda mengisi semua informasi tentang bisnis Anda yang perlu dicantum, proses verifikasi akan memakan waktu beberapa hari di latar belakang.

Memang tidak sesulit search engine optimization, tetapi banyak pemilik melewatkan langkah penting ini. Anda dapat melakukan ini bahkan jika Anda tidak memiliki situs web. Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan ini sekarang jika belum dilakukan. Ini merupakan bagian penting dalam strategi pemasaran digital yang solid.

 

6. Mengadopsikan Pendekatan Yang “Customer-Centric” Dengan Big Data

Kartu keanggotaan (membership card) sekarang menjadi sesuatu yang umum bahkan dalam bisnis yang product-centric seperti toko ritel. Jarang sekali toko ritel menjualkan produk yang customized khusus untuk satu pelanggan, biasanya produk yang ditawarkan pasti sudah standar untuk semua pelanggan.

Namun, membership card elektronik memungkinkan pemasar untuk mengetahui perilaku pembelanjaan para pelanggan, mulai dari produk yang sering ia beli, hingga waktu dan tempat perbelanjaan. Lalu penawaran diskon dapat disesuaikan dengan data pelanggan. Mengapa Anda sering mendapatkan diskon hampir setiap kali berbelanja dengan membership card? Kemungkinan besar ini adalah semacam reward untuk membagikan informasi Anda kepada perusahaan ritel.

Anda bisa mempertimbangkan tingkat penyesuaian pelayanan kepada pelanggan, tergantung pada pendekatan model bisnis Anda, apakah mengarah product-centric atau customer-centric.

 

7. “Grup Rahasia” Di Facebook

Facebook memiliki fitur unik yang membuat sebuah grup tidak terlihat. Anggota baru dapat memasuki grup tersebut melalui undangan oleh anggota lain. Lalu apa gunanya grup Facebook jika tidak terlihat? Bukankah tujuan dari pemasaran adalah untuk menjangkau pemirsa yang tepat?

Tujuan dari pemasaran sebenarnya bukan hanya untuk menjangkau audiens yang tepat, tetapi juga untuk membuat orang-orang saling berbicara tentang merek Anda. Mencapai audiens yang tepat adalah salah satu cara untuk melakukannya, dan membuat grup atau layanan eksklusif adalah cara yang unik.

Ini bukan strategi baru. Maskapai penerbangan sudah melakukan ini cukup lama dengan menggunakan kartu mileage. Akses ke lounge eksklusif dan upgrade gratis hanya diberikan kepada orang-orang tertentu yang telah menjadi pelanggan setia mereka. Ketika seorang pelanggan mengkonversi jarak tempuh mereka demi sebuah upgrade, apa yang akan mereka lakukan selanjutnya? Tentu saja memberitahukan hal ini kepada teman-temannya.

Ketika orang-orang disekitarnya mempelajari tentang pelayanan eksklusif yang didapatkannya dari kartu mileage, tetap tidak akan mudah bagi anggota baru untuk mencapai tingkat itu, atau dalam kata lain memasuki “klub eksklusif pelanggan setia”.

“Grup rahasia” Facebook pada prinsipnya tidak berbeda. Jika merek Anda mendapatkan citra yang positif, telah mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan, Anda dapat membuat komunitas eksklusif untuk penggemar berat merek Anda. Facebook secret group juga melindungi masyarakat dari troll dan spammer karena sulit bagi mereka untuk memasuki kelompok. Keuntungan lain adalah komunitas ini diisi dengan para pendukung merek. Pelajari lebih lanjut tentang  pemasaran media sosial dan manajemen media sosial di sini.

 

Bermitra dengan Juicebox Management

Pilih strategi digital marketing untuk startup Anda, dan pekerjakan strategi itu dengan baik. Jika Anda bermitra dengan Juicebox Management, Anda dapat mendelegasikan tugas online marketing bisnis Anda kepada kami. Hematkan waktu dan energi Anda untuk aspek-aspek lain dari bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut terkait berbagai jasa digital marketing yang kami tawarkan.

Lihat